Sabtu, 24 Desember 2011

Cara Mengetes Antivirus Anda

     Ingin membuktikan bahwa SMADAV anti virus lokal terbaik dan antivir anti virus terbaik di dunia. Ada cara atau trik manual untuk mengetes anti virus, apakah anti virus tersebut telah benar-benar berfungsi dengan baik atau masih perlu penyetingan ulang.
Cara ini merupakan cara pengetesan paling safe, karena anda hanya membuat file yang menyerupai virus tetapi bukan virus. Serupa tapi tak sama.
File ini berisi kode-kode yang tidak berbahaya dan berisi karakter ASCII. Jadi virus palsu ini akan terdeteksi oleh anti virus sehingga anti virus yang telah kita install akan aktif dan memberikan warning.
Gak perlu panjang lebar, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Buka Notepad Anda, kemudian
2. Lakukan Copas (copy paste) kode berikut ini ke dalam notepad anda
X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*
3. Simpan file tersebut dengan klik save as
4. Pilih opsi All files. Lalu ketik nama file eicar.com klik tombol Save.
5. Kemudian jalankan program scanning pada anti virus yang akan dipergunakan untuk mengetes virus palsu tersebut.
Jika anti virus tersebut telah berfungsi dengan baik, maka anti virus akan mendeteksi dan memberi warning mengenai keberadaan virus Eicar.
Tetapi apabila anti virus tersebut belum mendeteksi apapun, berarti program anti virus tersebut mengalami error dan perlu dilakukan penyetingan ulang atau bahkan di install ulang.
Jika hal tersebut masih belum bisa mendeteksi virus tersebut maka sebaiknya anti virus tersebut diganti dengan anti virus terbaik seperti Smadav atau Antivir.
Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. test di ASC with antivirus ke baca tapi di anti malware engga..brarti saran harus ada anti virus sama anti malware

    BalasHapus